Minimum Flow, Control valve atau RO?

kadang kita temui fasilitas minimum flow dari suatu pompa dengan control valve atau restriction orifice (RO). Bilamana harus pake CV, dan bilamana direkomendasikan pake RO?

Sebelum membahas itu, ada baiknya perlu dijawab dulu kenapa harus ada minimum flow? Minimum flow diperlukan untuk menjaga pompa agar tidak cepet rusak. Logika sederhananya adalah jika tiba2 flow discharge berkurang drastis (valve terblock atau fail close) maka tidak ada flow yang bakal mengalir dan ini akan berakibat pada temperatur impeler dan casing akan naik, efeknya seal temp pompa juga naik dan ujung2nya pompa akan cepet rusak (memperpendek life time). nah untuk menghindari kerusakan sebelum masanya maka setiap pompa ada persyaratan minimum flownya.

Berapa acuan minimum flow pompa? Flow minimum pompa tergantung dari vendor pompa, dan biasanya ini di state dalam performance curve pompa. Umumnya sekitar 30% dari desain flow rate.

Nah, ketika sudah tahu berapa minimum flow pompa dari performance curve, tentunya si process engineer akan dihadapkan pada tahap berikutnya. dengan apa akan menjaga minimum flow pompa? Yang umum digunakan adalah control valve atau RO, meski ada juga pake ARCV (automatic Recirculation Valve), untuk yg terakhir ini digunakan pada critical/sensitive case biasanya pada recriprocating pump atau pompa dg high pressure.

Pemakaina control valve ini biasanya digunakan untuk pompa2 yang agak besar (konsumsi power tinggi), karena dengan CV ini maka energi pompa akan terpakai secara maksimal. si CV akan mengatur bukaannya sesuai setting. bilamana sudah tercapai minimum flow maka control akan menutup (MV: 0 %) jadi semua energi pompa akan termanfaatkan. lain halnya jika pake RO, karena ada energi pompa yang terbuang.  namun kelebihan RO adalah lebih murah dan low maintenance cost ato malah hampir sama Nol, sementara CV high capital and maintenance cost.

One response to “Minimum Flow, Control valve atau RO?

  1. Bagaimana sizing RO untuk minimum flow? postingan berikutnya akan membahas tentang ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s